Namun tidak ada salahnya jika saya coba jelaskan kembali apa yang dimaksud dengan link building. Istilah ini maksudnya adalah membangun link. Mengatur atau melakukan manajemen link.
Link building ini sangat penting, khususnya kaitannya dengan SEO. Saat ini bahkan boleh dikata link building menjadi pusat perhatian utama dalam usaha menjalankan SEO. Link building juga menjadi bagian yang banyak menyita waktu dari para penggila SEO dalam menjalankan SEO-nya.
Agar link building yang anda lakukan berhasil, bagaimana seharusnya menjalankannya? Apa yang perlu disiapkan?
Di sini saya jelaskan beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan link building.
- Tahu Kata Kunci yang Ditargetkan
Sebelum anda melakukan SEO, anda harus tahu terlebih dahulu apa kata kunci atau keyword yang anda inginkan. Ibarat berjalan, jika tanpa tujuan yang jelas, jadinya malah tidak tentu arah.
Lebih baik jika anda punya daftar keyword apa saja yang hendak anda optimasi. Pastikan anchor text link merupakan keyword yang anda targetkan.
Misalkan saja anda menargetkan keyword “blog bisnis internet” pastikan kata kunci tersebut menjadi anchor text dari link anda. - Lakukan Strategi Link Building
Ada banyak sekali strategi link building yang bisa dilakukan. Yang paling sederhana seperti meminta link kepada pemilik suatu website yang anda inginkan.
Selain itu bisa juga misalnya dengan melakukan submisi di direktori, social bookmark, blog, atau yang lainnya. Di Mr Action Club, saya jelaskan lengkap mengenai hal ini. - Alami dan Relevan
Apakah ada relevansinya sumber link yang anda minati? Kalau tidak, anda perlu cari sumber link yang memang relevan dengan situs web anda. Di samping itu link building yang anda lakukan harus alami. Tidak boleh melakukan spam.
Karena itu, sebaiknya sebelum melakukan link building, anda jawab pertanyaan berikut: Apakah situs yang mau saya lakukan link building ini relevan? Dan apakah cara link building yang saya lakukan alami? - Tentukan dimana letak link anda
Ketika anda sudah memiliki website target link building yang relevan, sangat baik jika link anda ditempatkan di halaman utama. Hasilnya akan lebih baik karena kebanyakan halaman utama dari website biasanya punya pagerank yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan halaman lainnya. Semakin di atas letak link anda pada halaman sebuah website juga akan lebih baik bagi anda. - Jangan Pedulikan Soal No Follow
Banyak pihak mengatakan kalau link no follow itu tidak berdampak apapun pada website. Saya cenderung berpendapat sebaliknya. Sebab, sekalipun konon link “no follow” berarti memerintahkan spider search engine untuk mengabaikannya, namun sering kali dari pengamatan di internet hasilnya berkebalikan. Link no follow sedikit banyak ikut berpengaruh dalam SEO yang sedang anda lakukan.
Di samping itu, yang pasti, yang terpenting adalah kunjungan pengunjung. Ketika link anda muncul di suatu website, apalagi di website yang traffiknya tinggi, artinya link anda tersebut dilihat oleh ribuan orang. Jadi tanpa harus bersaing di halaman search engine, website anda kemungkinan besar akan banjir traffik. Jadi, hasilnya sama. Apakah website anda nangkring di urutan atas search engine atau tampil di halaman website yang ramai, ujung-ujungnya traffik tinggi menjadi milik anda.
=www.jokosusilo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar